5 Cara Menjaga Kesehatan Saat Traveling

Karena terlalu asyik traveling terkadang kita lupa menjaga kesehatan. Padahal, saat di tempat baru itulah kita harus lebih memperhatikan kesehatan tubuh. Inilah 5 cara menjaga kesehatan saat traveling yang bisa kita coba:

 1. Yoga atau peregangan




Kita tak selalu bisa membawa matras atau pakaian yoga saat traveling. Namun, ada beberapa pose dan peregangan yoga yang tidak membutuhkan banyak alat dan bisa dilakukan di mana saja ketika kita duduk atau berdiri. Gerakan yoga yang bisa dicoba saat traveling: duduk peregangan di atas kepala, duduk twist, menikung ke depan, kaki menaiki dinding, pose anak dan pose pohon.

2. Berjalan-jalan



Kita cenderung berjalan lebih banyak saat traveling dibanding di tempat tinggal asal kita. Berjalan-jalan di tempat baru memang sangat menyenangkan dan itu menjadi cara untuk mengenal lingkungan sekitar. Namun terkadang, hal tersebut sering membuat kita kelelahan. Mulailah mengatur jalan-jalan singkat sekitar 30 menit saat kita benar-benar membutuhkan energi, seperti saat kita sampai di penginapan setelah perjalanan menggunakan mobil atau pesawat. Lakukan juga setelah makan untuk membantu pencernaan dan di pagi hari sebelum memulai kegiatan.

3. Perhatikan kebutuhan tubuh



Kebanyakan dari kita tidak sadar kebutuhan tubuh sebelum semuanya terlambat. Pada akhirnya kita jadi sering marah karena lapar, haus dan kelelahan. Hal ini terjadi karena kita biasanya sering terburu-buru pindah dari satu tempat ke tempat lainnya saat traveling. Sebaiknya, perlambatlah sedikit gerak kita. Setelah mengunjungi museum atau ke pantai, berhenti sejenak dan perhatikan kebutuhan tubuh, apakah butuh minum atau istirahat. Baru setelah itu lanjut ke tempat berikutnya.

4. Makanan bergizi





Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang paling menyehatkan tubuh kita. Hal ini dapat dimulai dari cara sederhana seperti mengemil buah segar (dan bukan keripik), minum satu gelas air mineral untuk setiap gelas minuman berasa lainnya, dan pastikan makan tiga kali sehari.
 


5. Tidur





Tidur adalah pemulihan fungsi tubuh kita. Jika berada di zona waktu yang baru, maka segera ikuti jadwal tersebut. Tidur delapan jam dalam sehari dan tidur siang 30 menit untuk mendapatkan energi. Jika tidak bisa tidur siang, sekedar memejamkan mata selama beberapa menit bisa membantu meringankan pikiran. 

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Featured

Videos

Recent Post

Follow

Mengenal orang lain adalah kebijaksanaan, mengenal diri sendiri adalah pencerahan.

Popular Posts

Featured

Games

Video

Subscribe

Ads

Technology

Pages - Menu

Gallery

Popular Posts

Most Popular

Videos